Site Loader


DI era serba mudah sekarang, perilaku konsumtif juga tambah mudah untuk dilakukan. Kehadiran metode  pembayaran digital dengan tawaran uang kembali dan potongan harga berada dimana-mana. Hal tersebut menyebabkan anak muda tidak sadar akan kebutuhan keuangannya di masa depan. Kemudahan mengeluarkan uang memberikan efek boros kepada banyak anak muda, khususnya yang berada di kota-kota besar.

Sadar akan pentingnya pengelolaan keuangan belum beredar di tengah-tengah anak muda. Itu disebabkan karena dampak positif dari pengelolaan uang adalah di masa depan, sedangkan untuk sadar akan hal itu sangat tidak mudah bagi lingkungan yang konsumtif. Berikut kami berikan tips dan trik untuk sukses finansial di waktu muda.


1. Buat Visi dan Misi Keuangan

Semua orang pasti punya keinginan untuk sukses dalam hal finansial suatu hari nanti. Hal itu dinamakan visi dan perlu direncanakan sejak masih muda. Apapun kondisi kamu sekarang, baik itu masih kuliah, masih fresh graduate, masih pemula dalam dunia karir professional, memikirkan visi dan misi keuangan sangat penting untuk dilakukan. Sebelum merencakan langkah apa yang harus ditempuh, mulailah dalam menyusun tujuan finansial yang mau dicapai di kemudian hari. Kalau bisa, hindari untuk mengikuti visi misi temanmu. Karena setiap orang memiliki kondisi dan tujuan finansial masing-masing.


2. Perencanaan harus mantap

Setelah memiliki tujuan yang akan dicapai, coba untuk menurunkan visi misi itu dalam bentuk perencanaan pengelolaan keuangan. Perencanaan ini bisa mengatur pengeluaran, pemasukan, maupun tabungan.  Rencana yang digunakan dapat diatur berdasarkan waktu, seperti harian, pekanan, bulanan, maupun kebutuhan tahunan. 
Dalam perencanaan keuangan ini, kamu bakal berkutat dengan kebutuhan dan keinginan yang perlu disusun prioritasnya. Masalah yang dihadapi anak-anak muda yaitu di saat bersamaan keinginan untuk senang-senang dengan teman masih tinggi. Dari fenomena itu, foya-foya dengan teman diprioritaskan pada nomor ke sekian. Kalau bisa anggaran untuk senang-senang berada di bawah 10% pengeluaran bulanan.


3. Hindari terlilit utang

Utang yang paling umum bagi anak muda adalah kartu kredit. Kartu kredit dan pinjaman untuk membeli barang-barang yang konsumtif. Kebiasaan terlilit utang ini merupakan sesuatu yang buruk dan sangat berbahaya untuk kesuksesan keuangan di masa depan. Lebih baik tabung uang sebelum membeli suatu barang dan bayar dengan metode langsung cash karena pada akhirnya juga akan mengeluarkan jumlah nominal uang yang sama.

4. Mulai investasi sekarang juga

Kesadaran untuk investasi emang cukup sulit untuk dilakukan bagi orang yang belum benar-benar yakin dengan tujuan keuangannya di masa depan. Investasi itu ibarat menanam tumbuhan. Perlu kesabaran dan komitmen, serta fokus dalam berinvestasi agar hasil investasi bisa membantu tercapainya target keuangan di hari tua. Cobaan terbesar saat melakukan investasi yaitu saat melihat portofolio orang lain atau teman. Cobalah untuk membuat portofolio anda sendiri sesuai dengan tujuan keuangan dan investasi. Karena pada dasarnya semua instrumen-instrumen investasi itu menguntungkan dan baik, asalkan kita bijak dan cocok dengan kondisi keuangan dan pribadi.

Investasi properti bisa menjadi pilihanmu untuk return yang besar dan risiko yang terukur. Jangan takut dengan modal investasi properti yang besar, sekarang investasi properti dapat lebih mudah dijangkau dengan pesatnya perkembangan teknologi. Inovasi Keuangan Digital (IKD) yang dikembangkan oleh Startup Propertree.id menyederhanakan konsep investasi properti yang dapat dimulai dari angka Rp.500.000. Platform seperti ini sangat berguna untuk mencapai tujuan keuanganmu tahun depan. Karena dengan modal seperti itu, kamu akan mendapatkan return dari bagi hasil sebesar 8%-20% setiap tahunnya.

Jangan menunggu untuk memulai langkah pertamamu! Mulai investasi!

Photo by Hunters Race on Unsplash

Post Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *