Site Loader

Menikmati masa tua dengan santai adalah salah satu hal yang diimpikan semua orang. Masa pensiun memang sangat susah jika masih dihabiskan untuk tetap mencari nafkah. Bahkan, banyak dari mereka yang berharap menjadi kaya saat masa pensiunnya.

Tapi yang terjadi di masyarakat adalah kurangnya kesadaran tentang persiapan keuangan untuk pensiun. Dilansir dari HSBC Future of Retirement Bridging The Gap yang melakukan survey pada 1050 orang di Indonesia pada awal 2019, sebanyak 30% orang yang tergerak dan sadar untuk mempersiapkan dana pensiun. Sedangkan 70% sisanya belum tersadar untuk mempersiapkannya.

Berapa pun usia kamu sekarang, tidak ada kata terlambat untuk mengubah suatu keadaan. Memulai hari ini merupakan langkah yang sangat baik untuk memulai perencanaan pensiun, termasuk yang usianya sudah mendekati 50 tahun. Ada beberapa cara dan strategi yang bisa kamu tempuh agar bisa kaya saat pensiun nanti.

1. Pahami Keadaan Diri

Sebelum memulai untuk merencanakan dana pensiun, hilangkan dulu pikiran negatif yang justru akan membuat kita tidak percaya diri. Efek dari pikiran negatif ini akan membuat kamu mengundur waktu untuk memulai. Mulai dari sekarang, coba kurangi kekhawatiran tentang hal-hal negatif yang akan terjadi.

Setelah itu, hitung penghasilan yang didapatkan tiap bulannya. Atur arus pengeluaran berdasarkan penghasilan agar tidak terpengaruh dengan gaya hidup orang lain yang penghasilannya berbeda. Dari penghasilan tersebut juga dapat diperkirakan anggaran yang dapat ditabung untuk dana pensiun.

Tiap tingkatan penghasilan jelas berbeda juga anggaran yang perlu ditabung. Penghasilan yang lebih tinggi dapat menyisihkan lebih banyak karena menyesuaikan gaya hidup yang sedang dijalani. Karena pada akhirnya, dana yang dibutuhkan untuk pensiun cukup besar dari yang dipikirkan.

2. Tambah Penghasilan dengan Investasi

Dalam melakukan perencanaan untuk dana pensiun, tentunya perlu menyiapkan berapa jumlah yang harus dikumpulkan. Misalnya, kita akan menjalani masa pensiun selama 25 tahun atau 300 bulan. Jika pengeluaran kita tiap bulannya sekitar Rp 5.000.000, 25 tahun ke depan akan meningkat nilanya karena inflasi sekitar Rp. 27.000.000. Jika dihitung, jumlah dana yang kita butuhkan sebanyak Rp. 27.000.000.000 x 300 bulan = Rp 8.100.000.000. Masih bisa terbayangkan akan dapat dari mana penghasilan sebesar itu?

Untuk mengumpulkan uang sebanyak 8 Miliar Rupiah, tidak cukup hanya menabung. Perlu melakukan investasi agar return yang didapatkan bisa maksimal, tentunya dengan investasi jangka panjang. Kenapa perlu mengambil produk investasi jangka panjang? Karena dengan durasi tersebut dapat memberikan return yang tinggi.

Berinvestasi dalam bisnis properti di Propertree.id menawarkan return pada investor hingga 20%. Dengan berinvestasi pada instrumen yang memberikan return sebesar 20% per tahun, hanya perlu menyisihkan uang sebanyak Rp 2.000.000 setiap bulan selama 25 tahun.

3. Sesuaikan Gaya Hidup

Gaya hidup yang konsumtif pada saat muda, tidak baik dilakukan lagi di usia pensiun karena tidak ada lagi penghasilan seperti saat masih produktif. Menjadi kaya bukan artinya harus konsumtif dengan gaya hidup mewah. Menikmati hidup yang lebih sederhana lebih menenangkan dan akan menghasilkan banyak uang.

Mencoba hidup sederhana di lingkungan yang kondusif dan nyaman lebih baik untuk menikmati masa pensiun. Suasana asri di pedesaan sangat mendukung dengan aktivitas yang menarik. Rumah mewah yang ada di perkotaan bisa dijual untuk digunakan untuk biaya sehari-hari.

Menjadi kaya di masa pensiun bukanlah hal yang mustahil selama uang itu dihitung, bukan dirasakan. Jangan sampai kekhawatiran hadir karena banyak pikiran negatif.

Semoga bermanfaat!!!

Post Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *